Walaupun belum Koas, skill lab di RS Jiwa !

kali ini saya kembali memasuki blok baru dalam jadwal kuliah saya…

BLOK 16 : ILMU KEJIWAAN

(Kumpulan ilmu tentang Jiwa dan pastinya Tentang Penyakit Jiwa, Upss… salah! ga ada istilah penyakit Jiwa tapi Gangguan Jiwa (Mental Disorder)

ga terasa saya sudah satu minggu menjalani Blok ini…

saya banyak mendapat hal hal baru tentang Ilmu Kejiwaan..

karena ini blok Jiwa jadi banyak dosen yg mengajar dengan gelar Spesialis Kejiwaan atau Sp.KJ

dalam bidang Kejiwaan banyak Istilah kedokteran yang saya tidak mengerti, untuk itu saya harus berusaha ekstra keras mempelajati istilah istilah itu agar bisa mengikuti kuliah dengan baik, khususnya bisa menjadi dokter yang baik. amin…

Ngomong masalah gangguan Jiwa…

saya selalu berfikir, bagaimana seorang dokter bisa mendiagnosis suatu gangguan mental pada pasien, sedangkan pasien itu sendiri mengalami gangguan jiwa..

Hmmm….

pasti tuh dokter punya ILMU DALAM biar bisa melihat keabnormalan pada pasien itu….

hhahaaaa……… Emang Dukun!

Ternyata ga!

Si dokter harus bisa menguasai gejalagejala yang tampak atau kelainan yg ditunjukan oleh pasien itu.

dan pasien dgn gangguan Jiwa pastinya harus didampingi kelurga, sehingga kita bisa menggali informasi dari keluarganya..

So, Apa saya bisa ya??

Pasti bisa…

asalkan saya banyak membaca…

dan tau ga?

yg lebih bikin penasaran lg kita bakal praktikum di RS Jiwa beneran katanya..

seneng…. pasti!

penasaran …. pasti!

tp ada satu hal yg kepikiran; TAKUT pak!

bayangin aja saya akan dihadapkan dengan pasien dengan gangguan jiwa…

Oh,,, God!

Help me!

tp saya harus yakin..

karena inilah kesempatan saya untuk belajar!

dan saya pernah dapet Ilmu dari baca Buku Lucu tentang kedokteran,

katanya Klo anda berhadapan dengan orang gila, anda juga harus pura pura menjadi gila agar ngga diserang mereka (kalo kalo aja)!

oh……………..tidak!

Coba liat, mana ada pasien RS jiwa yang saling menggangu satu sama lain..

Why?

karena mereka sama sama gila!

hhahhaaaaa….

Ilmu pertama*

Semoga berhasil!

=)

Published in: on December 22, 2008 at 10:16 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://uyunktzuo.wordpress.com/2008/12/22/walaupun-belum-koas-skill-lab-di-rs-jiwa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: